Asal Direncanakan, Balita Pasti Bisa Tidur Sendiri

Jakarta, Di usia tumbuh kembangnya, balita seringkali tak mau tidur sendiri. Hal ini disebabkan karena sudah terbiasa tidur bersama orang tuanya atau seringnya anak berimajinasi akan hal-hal yang menakutkan.

Tetapi untuk kemandiriannya, tentu orang tua harus mulai membiasakannya. Kecemasan mungkin akan menghampiri Anda dan anak, tetapi jika dilakukan dengan benar ini akan sangat menyenangkan loh.

Berikut tips dan trik yang dapat dicoba yang dikutip dari boldsky, Kamis (11/4/2013).

1. Rencanakan Pelan-Pelan

Sebaiknya perpisahan ini tidak dilakukan tiba-tiba. Jangan minta anak untuk langsung berpisah. Anda dapat memulai dengan mersiapkan mental anak terlebih dulu. Biarkan anak tertidur sendiri atau biarkan mereka menikmati tidur siangnya dalam sebuah ruangan. Ketika anak sudah terbiasa, maka anak akan memiliki kepercayaan untuk tidur sendiri di malam hari.

2. Pastikan Keamanannya

Membiarkan balita Anda tidur sendiri, bukan berarti meninggalkannya sendiri. Kehadiran Anda masih sangat diperlukan untuk menjamin keamanan tidurnya. Katakan pada anak bahwa Anda berada disekitarnya selagi mereka tidur. Perhatikan keadaan anak setiap 10 menit dan lakukan sampai anak benar-benar tertidur, maka anak akan merasa aman.

3. Gunakan Lampu Tidur

Beberapa anak memiliki ketakutan terhadap gelap. Jangan langsung mematikan lampu. Jika ingin membiasakannya, lakukanlah secara perlahan. Anda dapat menemani mereka ketika lampu dipadamkan atau gunakan lampu tidur untuk mengurangi kegelapan. Permainan sederhana atau mendongeng dapat jadi pilihan untuk menemani mereka hingga tertidur.

4. Lakukan Ritual Sebelum Tidur

Minum susu sebelum tidur, menyikat gigi, mengucapkan selamat malam atau memberikan sebuah dongeng pengantar tidur dapat membuat tidur anak lebih tenang. Lama-kelamaan anak akan terbiasa dan menyadari bahwa tidur merupakan rutinitas yang mengasyikkan.

5. Jauhkan dari Gangguan

Balita akan mudah terganggu tidur malamnya. Jadi, sebaiknya pastikan suara, lampu, atau pemandangan tidak mengganggu tidurnya.

6. Biarkan Anak Tertidur

Kesalahan yang sering kali dilakukan orang tua adalah memaksa anak untuk tidur dan pergi meninggalkannya sendiri saat tengah malam. Ini tidak akan menjamin tidur yang aman untuknya. Biarkan mereka merasakan kenyamanan dimalam hari dan tertidur.

Nah, lakukan setiap tahapan ini dan dapatkan kemandirian pada balita Anda, selamat mencoba!

(up/up)
sumber : http://health.detik.com/read/2013/04/11/073126/2217182/1301/asal-direncanakan-balita-pasti-bisa-tidur-sendiri?l992

Tidak ada komentar:

Posting Komentar