Penyuluhan Tentang Hipertensi dan Penyakit  Jantung


Pada bulan Maret 2012, kembali kami tim RSB St. Yusuf mengadakan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat. Kali ini kami memberikan penyuluhan kepada para ibu-ibu kader posyandu, kader kesehatan, dan ibu-ibu arisan, pada saat acara arisan dan pertemuan kader di Balai Kelurahan Sungai Bambu, Kecamatan Tanjungpriok. Acara ini dilaksanakan pada hari Selasa, 6 Maret 2012, atas kerjasama yang baik BKM St Yosef, RSB St. Yusuf dan pihak kader posyandu/kader kesehatan di kelurahan tersebut.
Mengambil tema yang berbeda dari tema yang sudah-sudah, kali ini dokter Imelda Any B, selaku pemateri/nara sumber memberikan kajian tentang apa itu hipertensi, penyakit jantung, dan upaya –upaya untuk mencegah hipertensi dan penyakit jantung koroner.
Tema tersebut kami ambil atas masukan dari pihak kelurahan, dikarenakan pada penyuluhan sebelumnya sudah diberikan materi yang lain, oleh pihak BKM St Yosef. (Diabetes, kolesterol, dll). Agar dalam setiap penyuluhan para kader dan ibu–ibu yang hadir mendapatkan pengetahun tentang bermacam penyakit dan upaya-upaya pencegahannya.
Acara yang dimulai sekitar jam 11 siang, diawali dengan : pembukaan, doa pembukaan, lagu mars PKK, dan sambutan-sambutan, serta diadakan pengukuran tekanan darah oleh bidan/perawat yang berasal dr RSB dan BKM St. Yosef. Dan acara ini mendapat antusias cukup bagus dari sekitar 50-an orang yang hadir siang itu.
Sesudah nara sumber, dokter  Imelda memberikan paparannya, banyak pertanyaan dilontarkan oleh para penanya/audiens.  Karena usia mereka yang rata-rata sudah berumur/senja,banyak pertanyaan  tentang bagaimana cara pencegahan hipertensi dan penyakit jantung koroner tersebut, dikarenakan mereka jarang berolahraga, masih suka makan makanan yang digoreng, makanan yang mengandung kolesterol, lemak, daging , dan kurang mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran sehat.Dan diskusi pun berjalan dengan asyik dan interaktif, karena banyak yang bertanya seputar tema yang diangkat.
RSB St.Yusuf dan BKM St.Yosef selama ini sudah bekerja sama dengan baik, baik dengan ibu-ibu bidan, ibu-ibu kader, maupun puskesmas dan sekolah-sekolah binaan setempat. Acara ini adalah acara pertama admin bersama teamdi kelurahan;  sehingga diharapkan nantinya akan ada acara serupa di tempat lain, agar penyuluhan dan sharing informasi tentang kesehatan bisa dilaksanakan di semua wilayah/kelurahan, khususnya di wilayah Tanjung Priok. Hal tersebut merupakan langkah awal, juga untuk mempromosikan RSB St.Yusuf yang belum lama beroperasi (baru beroperasi 24 jam per 16 Februari 2012)
Apabila ada pembaca yang ingin memberikan masukan, saran, kritik, silahkan kirim komentar di blog kami ini, atau via email :rsbst.yusuf@gmail.com
Demikian paparan kami di event kali ini, kita pasti akan bertemu lagi di event berikutnya, …tak ada gading yang tak retak, apabila ada kekurangan  kami mohon maaf. Tulisan ini bermaksud untuk berbagi ilmu, berbagi bahan bacaan, semoga bisa berguna…
Salam hormat dan terima kasih.

::’admin/ecpp/31032012.::

 Berikut kami sertakan foto-foto liputan kegiatan ini :


Dokter Imelda dengan diampingi Ibu Kader memberikan kata sambutan





Ibu-ibu yang hadir di data dan di tensi terlebih dahulu












Presentasi oleh dokter Imelda Any B, dialnjutkan dengan tanya jawab.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar