Diabetes Pada Ibu Hamil

Penyakit diabetes bukan hanya tipe 1 dan 2. Ada juga diabetes yang hanya menyerang ibu hamil dan berpotensi menyebabkan komplikasi baik pada janin maupun sang ibu. Diabetes pada ibu hamil di kenal dengan diabetes gestational, yaitu suatu kondisi yang mana menyebabkan kenaikan gula darah dan dapat mempengaruhi kehamilan serta kesehatan bayi yang dikandung
Penting bagi ibu hamil untuk mengetahui gejala diabetes dan penanganan awal dari gejala-gejala tersebut sehingga efek komplikasinya dapat di minimalisir. Dibawah ini gejala diabetes yang perlu diwaspadai oleh ibu hamil, terutama apabila gejala-gejala ini baru di muncul saat hamil. Segeralah berkonsultasi pada dokter kandungan apabila mengalami gejala-gejala berikut :
  • Banyak makan (polifagia).
  • Banyak minum (polidipsia).
  • Sering buang air kecil/beser (poliuria).
  • Berat badan turun.
  • Penglihatan terasa kabur.
  • Rasa lelah yang berlebihan.
  • Keluhan lain yang sering dihubungkan dengan diabetes: kesemutan,gatal-gatal di kulit dan kemaluan, sering bisulan, keputihan, sering mengantuk.
Perlu diketahui bahwa pada penderita diabetes gestational, gula darah akan kembali normal sangat cepat setelah ibu melahirkan. Namun diabetes pada ibu hamil akan berulang pada kehamilan berikutnya dan sang ibu beresiko menderita diabetes tipe 2 di kemudian hari.
Berikut adalah beberapa resiko diabetes pada ibu hamil/diabetes/gestational :
  • Pada bayi :
    1. Bayi kuning (jaundice)
    2. Kadar gula darah rendah (hipoglikemia) yg dapat mengakibatkan kejang pada bayi.
    3. Lahir terlalu awal & sindrom sulit untuk bernafas.
    4. Bayi lahir dengan berat berlebih.
    5. Diabetes tipe 2 di kemudian hari.
  • Pada ibu :
    1. Preeclampsia dan eclampsia.
    2. Tekanan darah tinggi
    3. Diabetes tipe 2 di kemudian hari.
Penderita diabetes gestational (diabetes pada ibu hamil) dapat mengontrolnya dengan cara mengkonsumsi makanan yang bernutrisi, berolahraga & jika diperlukan dengan pengobatan. Setiap komplikasi pada kehamilan memerlukan perhatian khusus. Ibu hamil juga di sarankan untuk rutin melakukan check up dan tes darah. Bila ibu hamil memperhatikan asupan gizi dan kesehatannya maka dapat menjamin kehamilan yang sehat serta awal yang sehat juga untuk sang buah hati dalam kandungan.
Sumber:http://berbinarbinar.com/tips-kesehatan/tips-kesehatan-wanita/diabetes-pada-ibu-hamil.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar