Agar Jantung Anak Sehat

Baru-baru ini sebuah penelitian di Autralia menyatakan bahwa  perubahan gaya hidup yang dibuat sejak masih anak-anak seperti berolahraga teratur dan mengontrol berat badan, cenderung mengurangi resiko penyakit jantung di kemudian hari. Bagaimana cara membangun jantung sehat pada anak anda?
(dikutip dari majalah Family Guide edisi juli-agts 2012, hal 24)
a.       Berpikir kreatif
Jika anak anda kurang menyukai olahraga yang terorganisir, libatkan ia dalam kegiatan sehari-hari yang membuatnya banyak bergerak.Misalnya memutar video yang berisi gerak dan lagu, dan mengajak anak untuk melakukannya bersama-sama.
b.      Batasi waktu menonton tv
Jika dilakukan dalam jangka panjang, terlalu lama menonton tv bisa meningkatkan masalah kesehatan, seperti diabetes. Anak-amnak juga perlu melakukan interaksi sosial. Ajak ia melakukan kegiatan menyenangkan seperti berkebun atau berenang.
c.       Menyiapkakan makanan bersama
Dengan mengajaknya menyiapkan makanan, anak mengenal jenis makanan yang sering dikonsumsi keluarga. Pilih makanan yang baik untuk kesehatan jantung dengan menu yang seimbang.
d.      Membuat tradisi keluarga
Buatlah kebiasaan keluarga yang sehat, seperti rajin bersih–bersih rumah, jalan-jalan keliling kompleks saat sore hari, membaca majalah kesehatan, dan berolahraga.
 admin ::..230712..::

Tidak ada komentar:

Posting Komentar