Bakti Sosial Pemeriksaan Ibu Hamil 

Rumah Sakit Bersalin St. Yusuf sebagai lembaga penyedia pelayanan kesehatan yang bernaung di bawah Perhimpunan St. Carolus yang memfokuskan diri dalam pemberian pelayanan kesehatan bagi ibu hamil dan anak yang memberikan pelayanannya kepada masyarakat Jakarta Utara, merasa terpanggil untuk memberikan pelayanan yang memadai kepada para ibu hamil yang kurang mendapatkan akses pelayanan ANC (Ante Natal Care) di wilayah Jakarta Utara.
Kehamilan sebagai suatu proses yang fisiologis (alamiah) kadangkala dapat diikuti  proses patologis (tidak alamiah) yang dapat mengancam keselamatan ibu dan janin. Seorang dokter maupun bidan harus dapat mengenal perubahan yang mungkin terjadi sehingga kelainan yang ada dapat dikenal lebih dini.
Berdasarkan hal tersebut, kami tim RSB St.Yusuf mengadakan acara Bakti  Sosial "Pemeriksaan Ibu Hamil", bertempat di Poli Anak BKM St,Yosef yang merupakan satu lokasi dengan RSB St.Yusuf.
            Setelah dilakukan persiapan lebih kurang 2 minggu, dan melakukan koordinasi dengan team. Akhirnya Kegiatan Bakti Sosial Ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.
Kegitan Bakti Sosial “Pemeriksaan ibu hamil/Antenatal Care dimulai jam 8 pagi, diawali dengan doa pagi, kemudian presentasi dari dokter Andri Wisnu tentang apa itu Antenatal Care/ANC. Dilanjutkan dengan presentasi oleh Prabowo, tentang profil RSB Santo Yusuf.


               Sesudah itu dilakukan pemeriksaan ANC oleh Bidan dan USG oleh Dokter Andri, beserta para bidan dan perawat BKM maupun RSB St. Yusuf.
Setelah pemeriksaan, kemudian dokter Irma Rachmawati, Sp.A memberikan materi tentang pentingnya ASI dan Inisiasi Menyusui Dini.

Pada siang harinya, beberapa ibu hamil yang memerlukan konsultasi dengan dokter spesialis kandungan mendapatkan kesempatan untuk konsultasi dan tanya jawab tentang masalah kehamilan mereka, dan ditanggapi dengan baik oleh dokter Basuki Mulyono, Sp.OG dengan baik.

Diharapapkan dengan adanya acara ini, para ibu hamil lebih mengerti tentang pentingnya pemeriksaan kehamilan secara dini, untuk menjaga kehamilan tetap sehat. Dan apabila ada keluhan tentang kehamilannya bisa segera ditangani, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
Dan diharapkan juga agar para ibu hamil tersebut mau dan mampu memeriksakan dirinya lagi ke RSB St.Yusuf. Karena ini juga salah satu bentuk promosi Rumah Sakit Bersalin ini.

Foto2 para peserta saat mengikuti penyuluhan dan kegiatan ini :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar