Penyuluhan tentang TB pada anak dan dewasa

Pada hari Rabu, tanggal 21 Maret 2012, dalam rangka memperingati hari TB sedunia (yang jatuh pada tanggal 24 Maret), kami tim dari BKM St. Yosef dan Rumah Sakit Bersalin St. Yusuf mengadakan penyuluhan dengan tema “Penanganan TB pada Anak dan Dewasa”.
Selama ini di masyarakat terdapat rumor/ isu yang tidak benar; mereka mengganggap TBC adalah penyakit keturunan, padahal penyakit tersebut berasal dari virus TB yang masuk ke tubuh orang sehat dari udara. Cara penularannya bisa lewat bersin atau dahak yang menyebar di udara.
Materi pada acara ini dibawakan oleh dua narasumber ; yang pertama dokter R Irma Rahmawati, Sp.A, yang merupakan dokter spesialis anak yang berpraktek di RSB St.Yusuf. Beliau membawakan materi : “Diagnosis dan Tata Laksana Penanganan TB pada Anak” . Materi tersebut cukup mendapat respons positif dari audiens/ para peserta seminar. Terbukti, setelah dokter Irma membawakan materinya, banyak pertanyaan dari para peserta seminar yang ingin tahu lebih banyak tentang penyakit tersebut dan bagaimana pencegahan ataupun pengobatan yang tepat dan baik, agar bisa paripurna dalam pengobatan penyakit tersebut dan tidak kambuh lagi.
Pembicara yang kedua adalah Dokter Sri Wahyuni dari Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara, yang membawakan materi : Dukungan pemerintah terhadap penanganan dan penatalaksanaan penyakit TB di Indonesia. Beliau membahas tentang Kebijakan dan strategi Pemerintah, khususnya Dinas Kesehatan  terhadap penanganan TB di Indonesia.
Isi dari materi dokter Sri Wahyuni antara lain :
-       Di Indonesia, TB merupakan masalah  kesehatan masyarakat dimana TB adalah penyebab kematian nomor tiga setelah penyakit kardiovaskuler dan penyakit saluran pernafasan pada semua kelompok usia dan penyebab kematian nomor satu dari golongan penyakit infeksi.
-       Indonesia merupakan negara dengan pasien TB terbanyak ke- 5 di dunia (setelah India, Cina, Afrika Selatan dan Nigeria), diperkirakan setiap tahun ada 429.730 kasus baru dan kematian  62.246 orang
-       Insidensi kasus BTA Positif (menular) sekitar 102 per 100.000 penduduk
-       Faktor yang memengaruhi kemungkinan seseorang menjadi pasien TB adalah daya tahan tubuh yang rendah  diantaranya karena HIV /AIDS dan gizi buruk
(sumber materi presentasi dokter Sri Wahyuni)

Fakta-fakta tentang penyakit TB :
        TB merupakan salah satu penyakit tertua pada manusia
       TB masih menjadi salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia
       20-40% populasi terinfeksi
       8 juta kasus baru per tahun
       3 juta kematian per tahun
       Setiap 20 detik 1 orang meninggal akibat TB
       reemergence”, “global emergency

Apa sih TBC itu ??  Tuberkulosis adalah penyakit akibat infeksi kuman M. tuberculosis, yang bersifat sistemik sehingga dapat mengenai hampir semua organ tubuh, dengan lokasi tersering di paru, yang biasanya merupakan lokasi infeksi primer .
Masalah utama TB pada anak :
·                     Gejala klinis sering tidak khas
·                     Anak bukanlah dewasa dalam bentuk kecil”
·                     Diagnosis sulit:
·                     Spesimen  sulit didapat
·                     Infeksi vs sakit TB
·                     Pengobatan lama kepatuhan minum obat (adherence/ compliance)

Gejala/tanda klinis TB pada anak :
  • BB turun / sulit naik,  tanpa sebab jelas
  • Nafsu makan kurang (anoreksia)
  • Gizi kurang/ gizi buruk
  • Demam kronik dan berulang (biasanya subfebris)
  • Batuk kronik berulang (dd/ asma!)
  • Malaise
  • Diare persisten/ kronik/ berulang
    Dengan penanganan  dan pengobatan yang  tepat dan rutin, TB dapat disembuhkan dan tidak kambuh lagi. Namun perlu kedispilinan dan ketaatan pasien dalam meminum obat, dan harus didampingi oleh PMO/pengawas minum obat; agar pengobatan penyakit TB nya tuntas dan tidak kambuh lagi.

Kami harapkan dengan diadakannya penyuluhan tentang penyakit TB ini dapat memberikan sedikit ilmu dan tambahan wacana bagi masyarakat, khususnya di wilayah Tanjungpriok

Berikut foto-foto kegiatan tersebut :
dokter irma saat memberikan materinya.




 saat audiens bertanya- sesi tanya jawab.
                                                                                 materi dari suku dinas kesehatan jakarta utara



 all crew@RSB n BKM 

:::.admin03042012..::
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar