Tidur Nyenyak Saat Hamil

Kebanyakan bumil merasakan tidak dapat tidur nyenyak saat perut mereka kian membesar. Hal itu terjadi karena pengaruh hormon, seperti estrogen, progesterone, prolactin, dan cortisol, yang kian meningkat saat hamil.
Para peneliti mengatakan, perubahan hormon tersebut memengaruhi gelombang otak yang dihasilkan. Pada wanita hamil, gelombang otak cenderung pendek, sehingga membuat tingkat kesadaran lebih tinggi dibanding saat tidak hamil. Nah, agar Anda dapat tidur lebih nyenyak saat hamil, coba tip yang disarankan oleh www.babble.com berikut ini:
1. Olahraga ringan secara rutin. Berolahraga mampu membuat otot Anda rileks dan membuat peredaran darah lebih lancar. Hal tersebut berpengaruh pada jumlah oksigen yang ada dalam darah.
2. Atur penerangan dalam rumah. Cahaya yang terlalu terang akan membuat mata Anda silau. Atur posisi tidur yang tepat dengan menjauhi sumber cahaya, dan matikan penerangan bila tidak diperlukan.
3. Atur waktu tidur. Waktu tidur juga menentukan kenyamanan istirahat Anda di malam hari. Hindari istirahat di sore hari, dan bila Anda ingin tidur siang, cukup 20 - 45 menit saja.
4. Banyak minum dan hindari makanan berlemak serta pedas. Makanan pedas dan berlemak membuat suhu tubuh Anda meningkat, hal itu akan membuat Anda merasa semakin gerah saat beristirahat.
5. Pilih baju yang tepat. Ganti pakaian yang bisa menyerap keringat dengan cepat dan nyaman digunakan.
6. Gunakan bantal dan guling. Tempatkan 2-3 bantal atau guling di dekat Anda. Posisikan perlengkapan tidur sesuai keinginan Anda untuk menopang kenyamanan tidur.
7. Bicarakan pada pasangan Anda. Utarakan ketidaknyamanan Anda pada pasangan, dan minta pertolongannya untuk membantu Anda tidur lelap. (anggita/visualphotos)
sumber : http://www.motherandbaby.co.id/artikel/baca/2012/1404/Tidur-Nyenyak-Saat-Hamil.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar